DONATUR APRIL - MEI 2016
PT. Waskita Beton Precise - Bekasi Rp. 10.000.000 | HAMBA ALLAH - Bekasi Rp.100.000 | EDI - Cibitung Rp. 3.000.000 | Ibu Wiwin - Bekasi Utara Rp.5.000.000 | HERU IRAWAN - Cikarang Rp.300.000 | NUGROHO - Bekasi Rp.40.000 | ZAINURI - Tambun Rp. 300.000 | HAMDAN - Kalimalang Rp.50.000 | OSCAR HUTAHURUK - Cikumpa Rp.130.000 | REYNALDI - Bogor Rp.50.000 | JOSEPHAT JASSIN - Jakarta Rp.300.000 | VICKY VALLEY - Bekasi Rp.40.000. Bagi dermawan sekalian yang ingin turut beramal jariyah mendukung program Hidayatullah Islamic Center Bekasi dapat melakukan donasi ke rekening di tautan DONASI ANDA atau KLIK DI SINI!

6 April 2018

"PENTINGNYA BELAJAR ILMU AGAMA"



 By: Hidayatullah
(Pengasuh Ponpes Hidayatullah Bekasi)

Tak dipungkiri bahwasanya seorang muslim sangat penting untuk belajar ilmu agama. Naif tentunya kalo ada seorang yang mengaku muslim tapi dirinya tidak mengetahui ajaran agamanya sendiri.

Parah lagi jikalau sudah tidak tahu ajaran agamanya, namun tidak mau belajar. Lebih tragis dan menyedihkan jika sudah bodoh terhadap agamanya, namun ia tidak mau belajar tapi dirinya selalu bersikap sinis, curiga, serta su'uzhon dengan agamanya sendiri. Na'udzubillahi min dzaalik

Sebagai muslim yang baik, tentunya seiring waktu berjalan diharapkan pemahaman agamanya juga semakin baik. Dengan semakin paham terhadap agamanya maka semoga keislamannya semakin sempurna. Semakin taat kepada Allah dan Rasul-Nya hingga menjadi insan kamil. Karena Allah SWT telah memerintahkan kita berislam secara kaffah.

Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ کَاۤ فَّةً   ۖ  وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ  ۗ  اِنَّهٗ لَـکُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah: 208)

Maka disinilah pentingnya belajar ilmu agama sebagai wasilah untuk berislam lebih baik dan sempurna.

*Keutamaan Menuntut Ilmu Agama*
Menuntut ilmu, terkhusus ilmu agama (syariat) memiliki banyak keutamaan. Diantaranya, firman Allah Subhanahu wata'ala:

يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ  ۙ  وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ   ۗ  وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

"... Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah: 11)

Dalam ayat ini Allah menyebutkan akan meninggikan derajatnya orang-orang beriman dan melebihkan lagi bagi orang-orang yang berilmu.

Dalam hadits Rasulullah saw bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

"Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan pahamkan ia dalam agama.” (Muttafaq ‘alaihi).

Keutamaan yang lain dari menuntut ilmu adalah menjadi asbab dimudahkannya masuk surga bagi para penuntut ilmu. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الجَنَّةِ

"Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga.” (HR. Muslim).

Kita cukupkan dari keterangan ayat dan hadits diatas sebagai keutamaan menuntut ilmu walaupun masih banyak dalil yang berkenaan dengan itu.

*Akhirul Kalam*
Mari kita semangat menuntut ilmu terutama ilmu agama sebagai landasan dan bekal bagi kita dalam menjalani kehidupan dunia ini. Sehingga kita terhindar dari kesesatan dan kebinasaan.

"Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin"

Bekasi, Jum’at 06 April 2018
......................................................

Yuk like *Fanspage*
Ustadz Hidayatullah, M.Ag
https://www.facebook.com/Ust.Hidayatullah/?ref=ts&fref=ts

*Twitter* @UstHidayatullah

*Instagram* ust_hidayatullah

*Website* www.ustadzhidayatullah.com www.hidayatullahicb.com

0 komentar:

Posting Komentar