DONATUR APRIL - MEI 2016
PT. Waskita Beton Precise - Bekasi Rp. 10.000.000 | HAMBA ALLAH - Bekasi Rp.100.000 | EDI - Cibitung Rp. 3.000.000 | Ibu Wiwin - Bekasi Utara Rp.5.000.000 | HERU IRAWAN - Cikarang Rp.300.000 | NUGROHO - Bekasi Rp.40.000 | ZAINURI - Tambun Rp. 300.000 | HAMDAN - Kalimalang Rp.50.000 | OSCAR HUTAHURUK - Cikumpa Rp.130.000 | REYNALDI - Bogor Rp.50.000 | JOSEPHAT JASSIN - Jakarta Rp.300.000 | VICKY VALLEY - Bekasi Rp.40.000. Bagi dermawan sekalian yang ingin turut beramal jariyah mendukung program Hidayatullah Islamic Center Bekasi dapat melakukan donasi ke rekening di tautan DONASI ANDA atau KLIK DI SINI!

1 April 2018

"MENJADI GENERASI MUDA MILENIAL YANG BERTAKWA"


By: Hidayatullah
(Ketua Yayasan Hidayatullah Islamic Center Cikarang Bekasi)

Tadi malam saya diminta mengisi Kajian Remaja di Musholla Nurul Jannah yang tergabung di IKRIMA (Ikatan Remaja Masjid) Perumahan Griya Asih Bahagia, Babelan-Bekasi.

Menarik sekali temanya karena baru pertama saya membahas tentang generasi mileneal. Tema kajiannya, "Menjadi Generasi Mileneal Muda yang Bertakwa".

*Apa itu Generasi Mileneal*
Sederhananya Generasi Mileneal itu generasi yang lahir pada tahun 1980-2000. Ada yang menyebutkan generasi Y, setelah generasi X sebelumnya.

Generasi milineal ini memang unik karena mereka hidup pada dua masa. Masa sebelum terjadinya satu lompatan besar dalam sains dan teknologi yang ditandai dengan perkembangan yang cepat, baik  teknologi informasi, komunikasi, internet maupun digital. Juga generasi mileneal ini mendapatkan masa ketika terjadinya perubahan itu.

*5 Kunci menjadi Generasi Muda Mileneal yang Bertakwa*
Bagaimana menjadi generasi mileneal yang bertakwa? Paling tidak ada 5 kunci cara menjadi generasi milineal yang sukses dan bertakwa:

1. Syukur
Syukur adalah kunci kebaikan hidup. Bisa dikatakan kebahagiaan seseorang ditentukan seberapa besar rasa kesyukurannya.

Bersyukurlah menjadi generasi mileneal, karena pernah merasakan satu masa sederhana yang penuh makna. Namun juga turut merasakan kecanggihan dari perkembangan teknologi dan sains saat ini.

2. Sehat
Kesehatan adalah sesuatu yang mahal. Tidak semua orang mendapat nikmat sehat dan tidak selamanya nikmat sehat melekat pada diri seseorang. Sehat juga menjadi pembuka nikmat Allah yang lain. Maka disinilah pentingnya menjaga kesehatan.

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam pernah berpesan, "Ada dua kenikmatan yang manusia sering melalaikannya, yakni nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari)

Sebagai generasi milenial pentingnya untuk menjaga kesehatan. Serbuan narkoba dan miras begitu deras. Makanan syubhat bahkan haram disekeliling kita. Belum lagi makanan saat ini hampir tidak lepas dari pewarna, pemanis, dan perasa buatan yang notabene sangat merusak kesehatan kita.

3. Semangat
Semangat mutlak dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Apapun cita-cita dan keinginan seseorang tidak bisa tanpa memiliki semangat yang tinggi.

Termasuk untuk menjadi generasi mileneal yang bertakwa dibutuhkan semangat tinggi untuk mencapainya. Tentunya semangat yang tinggi disertai mujahadah yang kuat.

Ada ungkapan, "Man jadda wajada, waman sarro 'ala darbi washola", artinya barangsiapa yang sungguh maka dia akan dapat, dan barangsiapa yang menempuh suatu jalan maka dia akan sampai.

4. Cerdas
Ilmu adalah cahaya yang menunjuki jalan kehidupan. Ilmu bahkan lebih penting dari beramal tanpa mengilmuinya. Imam Bukhari pernah menulis judul dalam salah satu bab Kitab Shahihnya, "Al-Ilmu qobla qouli wal 'amal", yang artinya ilmu dulu sebelum perkataan dan amal.

Menjadi generasi mileneal yang bertakwa juga perlu ilmu. Agar tidak sesat ataupun salah jalan.

5. Ikhlas dan Tawakal
Kunci terakhir adalah menjadi pribadi ikhlas dan tawakal. Ikhlas dalam segala hal, termasuk ibadah dan amal sholeh. Dengan lillah, lelah kita menjadi sesuatu yang berguna.

Tawakal adalah menyerahkan sepenuhnya hasil terakhir dari usaha kita kepada Allah SWT. Orang yang bertawakkal Allah akan mencukupkan baginya.

Tidak melupakan Allah dalam segala perkara, baik perkara dunia maupun akhiratnya. Baik di tempat ramai maupun  sedang sendirian. Merasa Allah selalu melihat dan mengawasinya.

*Akhirul Kalam*
Smoga generasi mileneal kita menjadi generasi mileneal yang sukses dan bertakwa. Dengan 5 kunci diatas, insyaallah akan menjadi modal sekaligus benteng bagi generasi mileneal.

Mampu membawa perubahan yang positif baik bagi dirinya, keluarga, lingkungan, serta bangsa dan negara.

"Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin"

Bekasi, Ahad / 01 April 2018
.......................................

Yuk like *Fanspage*
Ustadz Hidayatullah, M.Ag
https://www.facebook.com/Ust.Hidayatullah/?ref=ts&fref=ts

*Twitter* @UstHidayatullah

*Instagram* ust_hidayatullah

*Website* www.ustadzhidayatullah.com www.hidayatullahicb.com

0 komentar:

Posting Komentar