DONATUR APRIL - MEI 2016
PT. Waskita Beton Precise - Bekasi Rp. 10.000.000 | HAMBA ALLAH - Bekasi Rp.100.000 | EDI - Cibitung Rp. 3.000.000 | Ibu Wiwin - Bekasi Utara Rp.5.000.000 | HERU IRAWAN - Cikarang Rp.300.000 | NUGROHO - Bekasi Rp.40.000 | ZAINURI - Tambun Rp. 300.000 | HAMDAN - Kalimalang Rp.50.000 | OSCAR HUTAHURUK - Cikumpa Rp.130.000 | REYNALDI - Bogor Rp.50.000 | JOSEPHAT JASSIN - Jakarta Rp.300.000 | VICKY VALLEY - Bekasi Rp.40.000. Bagi dermawan sekalian yang ingin turut beramal jariyah mendukung program Hidayatullah Islamic Center Bekasi dapat melakukan donasi ke rekening di tautan DONASI ANDA atau KLIK DI SINI!

2 April 2018

"CIRI MUSLIM BAIK: SUKA BEKERJA KERAS"



By: Hidayatullah
(Ketua Yayasan Hidayatullah Islamic Center Cikarang Bekasi)

Tak bisa dipungkiri tiap menjelang hari senin banyak orang menjadi stres. Terutama para pekerja, karyawan, pegawai, juga anak-anak sekolah. Semuanya bisa menjadi stres karena harus mengejar pagi biar tidak terlambat. Apatah lagi biasanya sanksi dan hukuman sudah menunggu bagi yang terlambat.

Stres tiap menjelang hari senin bahkan sudah menjadi sindrom. Sampai ada pameo “I hate Monday” (saya benci hari senin) di banyak tempat. Sindrom ini biasanya muncul karena perbedaan yang kontras di hari sabtu-minggu dan hari Senin. Setelah sebelumnya santai karena istirahat tiba-tiba langsung menghadapi aktivitas yang padat di hari senin. Tambah lagi tingkat kemacetan yang tinggi pada hari senin semakin menambah stres.

Bagi seorang muslim, tidak masalah hari apapun baginya. Termasuk hari senin, karena semuanya mulia disisi Allah Subhanahu wata'ala. Tidak boleh seorang muslim membenci waktu, karena bertentangan dengan aqidah. Allah pernah bersumpah dengan waktu, menunjukkan kemuliaannya.

*Bekerja Keras adalah Ibadah*
Bagi seorang muslim, bekerja adalah ibadah. Tidak hanya kewajiban seperti sholat, puasa, haji dan lain sebagainya yang lebih dikenal dengan istilah ibadah mahdhoh. Apapun itu suatu amalan jika dilakukan dalam rangka mencari ridho Allah subhanahu wata'ala dan tentunya sesuai dengan sunnah Rasulullah maka itu menjadi ibadah.

Bekerja keras adalah ciri orang beriman. Allahpun menyukai hamba-Nya yang suka bekerja keras. Apalagi jika seseorang itu memiliki tanggung jawab seperti kepala rumah tangga, maka tentunya lebih ditekankan lagi untuk bekerja keras.

Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang memerintahkan agar kita suka bekerja keras karena Allah tidak akan mengubah kondisi sebuah kaum kalau mereka tidak mengubahnya sendiri. Allah Ta’ala berfirman:

 اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا  بِاَنْفُسِهِمْ

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri..." (QS. Ar-Ra'd: 11)

 Dalam ayat lain Allah swt berfirman:

فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertebaranlah kalian di muka bumi, carilah karunia Allah serta ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung..” (QS. Al-Jumu’ah: 10)

Syaikh Ali Al-Shabuniy, dalam Shafwat al-Tafaasiir, menyatakan, “Maksudnya, bertebaranlah kalian di muka bumi dan galilah apa yang ada di muka bumi, untuk diperdagangkan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kalian. Kemudian, carilah karunia Allah swt dan nikmat-nikmatNya. Sesungguhnya rejeki itu berada di tangan Allah swt, dan Dialah Maha Pemberi Nikmat dan Karunia.”

Bekerja keras mencari rezeki yang halal bahkan menjadi sebuah kewajiban. Nabi Saw. bersabda, “Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll).” (HR Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

Masih banyak lagi keutamaan yang lain bagi orang yang suka bekerja keras. Maka sudah sepantasnyalah seorang muslim menyambut dengan semangat termasuk waktu senin pagi.

*Allah Tidak Menyukai Orang yang Suka Berpangku Tangan dan Selalu Meminta-minta*
Allah SWT sangat menyukai hamba-hambaNya yang suka bekerja keras, sebaliknya Allah SWT sangat membenci orang yang suka berpangku tangan dan selalu meminta-minta kepada orang lain. Lebih mulia seseorang mencari kayu bakar lalu menjualnya ketimbang orang yang pekerjaannya hanya meminta-minta.

Nabi Muhammad saw bersabda:

لَأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا فَيُعْطِيَهُ أَوْ يَمْنَعَهُ

“Sungguh sekiranya salah seorang di antara kamu sekalian mencari kayu bakar dan dipikulnya ikatan kayu itu, maka yang demikian itu lebih baik baginya daripada ia meminta-minta kepada seseorang baik orang itu memberi ataupun tidak memberinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Bukhari juga meriwayatkan sebuah hadits dari al-Miqdam bin Ma’darib ra, bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَإِنَّ نَبِيَّ اللَّهِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ

“Tidak ada seseorang makan makanan yang lebih baik daripada makan hasil usahanya sendiri, dan sesungguhnya Nabi Allah Daud 'alaihissalam makan dari hasil usahanya sendiri.” (HR. Bukhari)

Kehinaan yang didapatkan bagi orang suka meminta-minta tanpa mau bekerja keras tidak hanya didapatkan di dunia saja, namun juga mendapatkan kehinaan nanti di yaumil akhir. Naudzubillah min dzaalik.

*Akhirul Kalam*
Mari kita jadikan diri kita menjadi pribadi yang suka bekerja keras, baik perkara dunia maupun perkara akhirat. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan kebaikan dari apa yang telah dijanjikan Allah SWT.

Smoga Allah jadikan diri kita menjadi pribadi yang suka bekerja keras. "Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin."

So, mari kita sambut pagi senin ini dengan rasa syukur dan optimis dalam menjemput karunia Allah Subhanahu wata'ala.

Bekasi, Senin / 02 April 2018
.............................................

Yuk like *Fanspage*
Ustadz Hidayatullah, M.Ag
https://www.facebook.com/Ust.Hidayatullah/?ref=ts&fref=ts

*Twitter* @UstHidayatullah

*Instagram* ust_hidayatullah

*Website* www.ustadzhidayatullah.com www.hidayatullahicb.com

0 komentar:

Posting Komentar