DONATUR APRIL - MEI 2016
PT. Waskita Beton Precise - Bekasi Rp. 10.000.000 | HAMBA ALLAH - Bekasi Rp.100.000 | EDI - Cibitung Rp. 3.000.000 | Ibu Wiwin - Bekasi Utara Rp.5.000.000 | HERU IRAWAN - Cikarang Rp.300.000 | NUGROHO - Bekasi Rp.40.000 | ZAINURI - Tambun Rp. 300.000 | HAMDAN - Kalimalang Rp.50.000 | OSCAR HUTAHURUK - Cikumpa Rp.130.000 | REYNALDI - Bogor Rp.50.000 | JOSEPHAT JASSIN - Jakarta Rp.300.000 | VICKY VALLEY - Bekasi Rp.40.000. Bagi dermawan sekalian yang ingin turut beramal jariyah mendukung program Hidayatullah Islamic Center Bekasi dapat melakukan donasi ke rekening di tautan DONASI ANDA atau KLIK DI SINI!

4 April 2018

"BERKATA BAIK ATAU DIAM SAJA"


By: Hidayatullah
(Pengasuh Ponpes Hidayatullah Bekasi)

Hampir 3 hari ini medsos diramaikan dengan video "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 pekan lalu. Video puisi kontroversial ini menuai protes dan kemarahan umat Islam. Kecaman dan kritikanpun datang dari banyak tokoh agama hingga tokoh nasional.

Secara resmi bahkan sudah ada yang melaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke Polda Metro Jaya seperti oleh advokat Denny Adrian Kushidayat dan politisi Partai Hanura Amron Asyahari. Juga turut melaporkan pengacara Kapitra Ampera sebagai pengurus PA 212, FUIB, dan mungkin akan banyak lagi yang melaporkannya.

Ibu Sukmawati dengan jelas dalam puisinya merendahkan simbol dan syariat Islam. Cadar dan azan sebagai sesuatu yang sakral bagi umat Islam dilecehkan begitu saja.

Puisi sebagai sebuah seni semestinya memiliki nilai estetika dan makna yang mendalam. Biasanya menggambarkan tentang keindahan, keluhuran budi, dan nilai-nilai kebaikan. Bukan justru untuk menghina, melecehkan dan merendahkan sesuatu, apalagi yang berkaitan dengan agama sebagai sesuatu yang dianggap suci oleh para pemeluknya.

Nah, dari puisi Ibu Sukmawati ini justru dijadikan senjata untuk menyerang syariat Islam. Terlihat juga dari puisinya ingin membenturkan syariat islam dengan adat ataupun simbol negara.

Jauh panggang dari api, begitulah kiranya kalo ada yang ingin mengatakan bahwasanya Islam tidak ada hubungannya Ibu Pertiwi (Indonesia). Karena jikalau pernah membaca sejarah Indonesia, akan diketahui dengan jelas bahwasanya umat Islamlah sebagai pejuang dan pendiri Republik ini. Keringat, darah, harta dan jiwa sudah dikorbankan umat islam dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

*Pentingnya Menjaga Lisan*
Islam telah mengajarkan agar pemeluknya untuk berkata dengan baik dan benar. Namun jikalau tidak mampu atau khawatir tidak mampu untuk mengendalikan lisan maka lebih baik diam saja.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (HR. Bukhari & Muslim)

Pentingnya menjaga lisan bahkan menjadi jaminan masuk surga.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

مَنْ يَضْمَنَّ لِي مَابَيْنَ لِحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ

"Barang siapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya (lisan) dan dua kakinya (kemaluan), kuberikan kepadanya jaminan masuk surga.” (HR. Bukhari)

Masih banyak lagi keutamaan tentang menjaga lisan dan sebaliknya ancaman bagi orang yang tidak bisa menjaga lisannya.

*Akhirul Kalam*
Hendaknya sebagai seorang muslim untuk berhati-hati dalam menggunakan lisannya. Apapun itu baik dalam berkomunikasi sehari-hari, ngobrol, diskusi, memberi taushiyah, ceramah dan pidato, termasuk dalam berpuisi.

Semoga Allah jadikan lisan kita lisan yang bermanfaat, lisan yang membawa kebaikan. Bukan sebaliknya, lisan yang bisa membawa kebinasaan bagi kita sendiri.

"Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin"

Bekasi, Rabu/04 April 2018
.....................................................

Yuk like *Fanspage*
Ustadz Hidayatullah, M.Ag
https://www.facebook.com/Ust.Hidayatullah/?ref=ts&fref=ts

*Twitter* @UstHidayatullah

*Instagram* ust_hidayatullah

*Website* www.ustadzhidayatullah.com www.hidayatullahicb.com

0 komentar:

Posting Komentar