DONATUR APRIL - MEI 2016
PT. Waskita Beton Precise - Bekasi Rp. 10.000.000 | HAMBA ALLAH - Bekasi Rp.100.000 | EDI - Cibitung Rp. 3.000.000 | Ibu Wiwin - Bekasi Utara Rp.5.000.000 | HERU IRAWAN - Cikarang Rp.300.000 | NUGROHO - Bekasi Rp.40.000 | ZAINURI - Tambun Rp. 300.000 | HAMDAN - Kalimalang Rp.50.000 | OSCAR HUTAHURUK - Cikumpa Rp.130.000 | REYNALDI - Bogor Rp.50.000 | JOSEPHAT JASSIN - Jakarta Rp.300.000 | VICKY VALLEY - Bekasi Rp.40.000. Bagi dermawan sekalian yang ingin turut beramal jariyah mendukung program Hidayatullah Islamic Center Bekasi dapat melakukan donasi ke rekening di tautan DONASI ANDA atau KLIK DI SINI!

1 Januari 2018

Serial Al-Qur'an (01) Al-Qur'an: Sumber Keberkahan Hidup



Oleh: Hidayatullah
(Ketua Yayasan Hidayatullah Islamic Center Cikarang Bekasi)

Setiap kita, siapapun dia pastilah menginginkan keberkahan dalam hidupnya. Saking pengennya, sampai ada yg rela berpayah-payah pergi mencari ke tempat yg jauh, yg dianggapnya terdapat keberkahan.

Ia bahkan rela mengorbankan harta yg banyak dan meninggalkan keluarganya demi mendapatkan 'keberkahan' itu. Namun sayang, tidak sedikit yg akhirnya jatuh ke jalan kesesatan dalam mencari 'keberkahan' itu.

Ternyata jauh-jauh mencari, keberkahan itu ada di dekat kita. Dialah Al-Qur'anul Karim. Bahkan, Al-Qur'anul Karim merupakan sumber keberkahan dalam kehidupan kita.

Allah Ta'ala sendiri menyebut Al-Qur'an sebagai *Mubarak*, yakni yg diberkahi dan penuh keberkahan.

Menurut Ar-Raghib al-Asfahani, kata (مبارك) terambil dari kata (بركة) yang bermakna sesuatu yang mantap, juga berarti kebajikan yang melimpah dan beraneka ragam serta bersinambung. Kolam dinamai birkah karena air yang ditampung dalam kolam itu menetap mantap didalamnya, tidak tercecer kemana-mana. Keberkahan Ilahi datang dari arah yang sering kali tidak diduga atau dirasakan secara material dan tidak pula dapat dibatasi atau diukur. Dan dari sini, segala penambahan yang tidak terukur oleh indera dinamai "berkah".

Paling tidak ada 4 tempat di dalam Al-Qur'an yg menyebutkan bahwasanya Al-Qur'an sebagai sesuatu yg mubarak.

Ayat yg pertama, Allah SWT berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shad: 29).

Ayat kedua, Allah SWT berfirman:

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ مُّصَدِّقُ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنْذِرَ اُمَّ الْقُرٰى وَمَنْ حَوْلَهَا   ۗ  وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْاٰخِرَةِ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَهُمْ عَلٰى صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ

Artinya: "Dan ini (Al-Qur'an), Kitab yang telah Kami turunkan dengan penuh berkah; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang-orang yang beriman kepada (kehidupan) akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan mereka selalu memelihara sholatnya." (QS. Al-An'am: 92)

Ayat ketiga, dalam Surat Al-An'am ayat 155:

وَهٰذَا كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ مُبٰرَكٌ فَاتَّبِعُوْهُ وَاتَّقُوْا لَعَلَّكُمْ  تُرْحَمُوْنَ

Artinya: "Dan ini adalah Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah, dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat."

Yang keempat, terdapat dalam surat Al-Anbiya' ayat 50:

وَهٰذَا ذِكْرٌ مُّبٰرَكٌ اَنْزَلْنٰهُ ۗ  اَفَاَنْتُمْ لَهٗ  مُنْكِرُوْنَ

Artinya: "Dan ini (Al-Qur'an) adalah suatu peringatan yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka apakah kamu mengingkarinya?"

Selain ayat Al-Qur'an, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“اقْرَءُوْا سُورَةَ الْبَقَرَةِ، فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلاَ تَسْتَطِيْعُهَا الْبَطَلَةُ.”

Artinya: “Bacalah surat Al-Baqarah, karena membacanya akan mendatangkan berkah dan meninggalkannya berarti kerugian. Tukang sihir tidak akan bisa (berbuat jahat kepada pembaca)nya.” (HR. Imam Muslim)

Hadits diatas selain menunjukkan keutamaan surat Al-Baqarah, juga menyiratkan tentang keberkahan Al-Qur'an.

Imam Al-Alusi dalam tafsir Ruhul Ma’ani beliau menjelaskan, “Al-Qur’an disebut Mubarak yaitu banyak faedah dan manfaatnya, yang berguna bagi manusia dalam urusan dunia dan akheratnya, serta mengandung ilmu dari orang yang terdahulu dan terkemudian.”

Ibnu Qayyim mengatakan, “Al-Qur’an lebih berhak untuk menyandang nama Mubarak, yang penuh berkah karena disebabkan sempurnanya kebaikan di dalamnya dan berlimpah manfaat yang mengalir darinya dalam berbagai segi.”

Keberkahan Al-Qur'an ini tidak bisa didapatkan kecuali bagi orang-orang yg beriman dengan Al-Qur'an dan slalu berinteraksi dengannya.

Berinteraksi dengan Al-Qur'an, mulai dari membaca, mempelajari, tadabur ayat, menghafal dan mengamalkannya. Termasuk didalamnya mendakwahkan Al-Qur'an serta menjaga dan membelanya dari penistaan.

Kenapa orang yg dekat dan slalu berinteraksi dengan Al-Qur'an  mendapatkan keberkahan?

Tidak lain karna Al-Qur'an menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia bagi kemaslahatannya, baik duniawi maupun ukhrawi. Menjadi pelajaran dan petunjuk kehidupan manusia.

Al-Qur'an menjadi rahmat Allah bagi hamba-hamba-Nya. Ia juga menjadi obat penyembuh bagi penyakit hati maupun jasmani. Ia bagaikan ruh yang menghidupkan jiwa manusia.

Sebaik-baiknya zikir adalah membaca Al-Qur'an. Ia juga menjadi obat bagi hati yg resah dan gelisah.

Maka, mari dekatkan diri kita dengan Al-Qur'an, sehingga hidup kita menjadi berkah.

"Ya Allah, berikanlah kecintaan dalam hati kami kepada Al-Qur’an dan berkahilah kami dgn asbab Al-Qur'an. Aamiin ya Allah ya Robbal 'aalamiin."

Yuk like Fanspage
Ust. Hidayatullah, M.Ag
Klik www.hidayatullahicb.com

0 komentar:

Posting Komentar